Senin, 31 Oktober 2016

Meningitis pada Anak

Meningitis pada anak,- Meningitis merupakan radang pada selaput membrane otak dan tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi. Beberapa mikroorganisme penyebab meningitis adalah virus, bakteri, bahkan jamur. Kuman tersebut dapat menjamah meninge melalui aliran darah atau secara langsung melalui telinga, hidung, tenggorokan, dan beberapa luka terbuka di kepala.

Meningitis dapat enyerang anak-anak maupun dewasa. Bahkan salah satu artis ibukota, Ashanty juga baru saja dikabarkan terkena meningitis. Lalu gejela apa sajakah yang muncul bagi penderita meningitis? Berikut adalah gejala-gejala yang muncul secara umum dan gejala yang muncul pada bayi:

Gejala umum:

demam
sakit kepala
kekakuan pada otot leher
mual
muntah
ketakutan pada cahaya terang
rasa ngantuk yang meningkat bahkan koma

Gejala pada bayi:

tidak mau makan
menangis dengan suara yang nyaring melengking
rasa dingin, kekakuan pada otot,
munculnya bintik bintik merah pada kulit

Apabila anak anda memiliki gejala-gejala tersebut di atas, akan lebih baik jika anda segera membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Meningitis bukan penyakit yang dapat digampangkan karena jika pemeriksaan telat dilakukan, beberapa komplikasi dapat terjadi.

Kompilkasi meningitis yang dapat menyerang adalah seperti terjadinya komplikasi dengan pendengaran, kebutaan, penurunan psikis atau mental retardation, kelumpuhan, bahkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar